Selasa, 19 Maret 2013

Spreadsheet


“SPREADSHEET”
Materi :
Ø  Siklus akuntansi
Ø  Penggunaan rumus-rumus dalam excel
Ø  Kerapian (format cells, marge cells, border cells, nama, sheet, dst >

·         Siklus Akuntansi
1.       Buat daftar ref dan keterangan
2.       Jurnal umum       gunakan combo box
Caranya :
*      Letakkan kursor pada cells yang ingin di combo
*      Klik menu data
*      Setelah keluar box data validation, ganti any value menjadi list
*      Klik source, blok data yang dicombo, sesuaikan jika cells yang ingin dicombo, cells bagian ref maka yang diblok adalah table ref, jangan lupa pencet F4, klik ok      keluar tanda panah kecil pada cells
*      Copy rumus
*      Kerjakan jurnal umum dengan tepat.
3.       Buku besar
*      Copy sheet jurnal umum ke sheet selanjutnya
*      Filter jurnal menjadi buku besar¸caranya blok judul (tanggal, ref, keterangan, dst), klik menu data, pilih filter
*      Setelah muncul tanda panah kecil, klik panah kecil pada ref, klik select all, dan pilih ref yang ingin dibuat buku besar        OK
*      Tulis no akun sesuai buku besar yang ingin dibuat, untuk nama akun gunakan rumus VLOOKUP caranya
=VLOOKUP( klik cells yang ingin dilihat, blok table referensi pencet F4 ; 2 )
                                                                                                                                                                      


*      Buat kolom saldo di samping kredit
*      Untuk menjumlah kolom debet dan saldo kredit, caranya
=SUBTOTAL( pencet angka 9; blok yang ingin ditambah )
                                                                                                                                           


*      Mengisi kolom saldo caranya
=jumlah debet – jumlah kredit
 



ü  Membuat buku besar berikutnya, caranya
*      Copy sheet buku besar yang telah dibuat
*      Klik tanda panah pada ref, pilih no kaun yang akan dibuat
*      Ganti no akun sesuai buku besar yang ingin dibuat
*      Selesai
*      Lanjutkan sampai buku besar, ganti nama sheet sesuai no akun
4.       Neraca saldo
*      Buat table untuk neraca saldo
*      Isi kolom debet dan kredit, gunakan fungsi logika caranya :
Debet :
=IF(Klik saldo buku besar kas pencet F4>=0;klik lagi saldo buku besar kas pencet F4;0) enter
 


Kredit
=IF(Klik saldo buku besar kas, pencet F4<=0;pencet tanda – klik lagi saldo buku besar kas, pencet F4;0)  enter
 


*      Sesuaikan saldo dengan nama buku besar artinya jika kita ingin melihat saldo perlengkapan maka ubah “1-101” menjadi “1-102”
5.       AJP        kerjakan manual
6.       Neraca lajur
*      Copy neraca saldo, sesuaikan format neraca lajur (AJP, NSD, L/R, NERACA)
*      Isi NSD dengan rumus dalam excel
Debet
=IF(saldo debet di NS=saldo debet di AJP – saldo Kredit di AJP >=0;saldo debet di NS=saldo debet di AJP –saldo kredit di AJP ;0) enter
 


Kredit
=IF(saldo kredit di NS=saldo kredit di AJP – saldo debet di NS –saldo debet di AJP>=0; saldo keredit di NS+saldo kredit di AJP-saldo debet di NS-saldo debet di AJP;0) enter
 


*      Isi L/R dengan rumus dalam excel
Debet
=IF(left(klik ref;1)=”5”;klik kolom saldo debet pada NSD;0) enter
 

                                                                                                                                                                                                 
Kredit
=IF(Left(klik ref;1)=”4”;klik kolom saldo kredit pada NSD;0) enter
 

                                                                                                                                                                                                 
*      Isi neraca dengan manual, yang tidak masuk dalam R/L, letakkan di neraca, nominalnya ambil dari NSD
7.       Jurnal penutup kerjakan manual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar